Pelaksanaan Kajian Online Grand Opening Radifa, KMMF Siap Menyambut Ramadhan 1442 H


Grand opening Ramadhan di Farmasi (Radifa) 1442 H dengan tema Be a Z Generation Moslem by Scale Up Your Skill and Knowledge in Ramadan diselenggarakan secara daring melalui platform zoom pada hari Jumat, 9 April 2021. Kegiatan ini dibuka untuk umum dan dihadiri oleh lebih dari 100 partisipan dari berbagai organisasi intra dan antar fakultas farmasi UGM, organisasi antar fakultas, maupun masyarakat umum.
Grand opening ini disertai dengan kajian online oleh Ustadz Fatan Fantastik. Acara ini merupakan salah satu dari tiga rangkaian besar kegiatan tahunan Keluarga Mahasiswa Muslim Farmasi (KMMF) UGM, yang meliputi Gebyar Islam Farmasi (GIF), Safari Idul Adha (Safrida), dan Ramadhan di Farmasi (Radifa). Sesuai dengan tema yang diambil tahun ini, diharapkan Radifa dapat melaksanakan acara selama bulan Ramadhan secara menarik, bermanfaat, dan mampu meningkatkan ibadah dalam bulan puasa meskipun dilakukan secara daring.
Acara diawali oleh sapaan Fauzan Najmi Mohammad selaku pembawa acara, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an Q.S. Al Baqarah ayat 183 oleh Muhammad Al-Fatih Ash Shiddiq. Sesi selanjutnya adalah sambutan dari ketua Radifa 1442 H, Adha Maula Effendi.
“Radifa digunakan untuk menyemarakkan bulan puasa dan meningkatkan ibadah serta amalan-amalan kita meskipun dalam keadaan pandemi. Sebagai kaum milenial kita diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk menjalankan amanah dalam ibadah puasa dan menyemarakkan bulan Ramadhan,” sambutnya dalam acara tersebut.
Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Keluarga Mahasiswa Muslim Farmasi (KMMF) Kabinet Homeostatis, Muhammad Ridwan Faturohman. Menurut Ridwan, Radifa mampu memberikan ilmu dan diharapkan dapat memberikan manfaat serta hikmah selama bulan Ramadhan.
Sambutan terakhir disampaikan oleh pembina Keluarga Mahasiswa Muslim Farmasi (KMMF), Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si., Apt. sekaligus sebagai peresmian Grand Opening Radifa 1442 H. Menurut beliau, bulan Ramadhan adalah bulan yang baik dan harus disambut dengan suka cita karena merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat, selama bulan penuh berkah ini kita dapat dengan mudah melakukan kebaikan dan aktivitas positif.
Acara selanjutnya adalah kajian online yang disampaikan oleh Ustadz Fatan Fantastik dengan judul “Tingkatkan Iman, Bersihkan Hati di bulan Ramadhan”. Poin penting dari pemaparan materi ini adalah ajakan Ustadz Fatan Fantastik kepada seluruh peserta untuk mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan menyeimbangkannya dengan peningkatan secara rohani, yang mana satu di antaranya dilaksanakan melalui puasa Ramadhan yang dilaksanakan dengan penuh keimanan.
Kajian online dimulai dengan melakukan tafsir dari Q.S. Al Baqarah ayat 183 tentang kewajiban berpuasa bagi orang yang beriman. Ayat ini mengajarkan kita untuk mempelajari sejarah berpuasa yang sudah dijalani oleh umat terdahulu dan hikmah lahir batin dari berpuasa. Seorang muslim yang berpuasa berlandaskan keimanannya akan memperoleh nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan diharapkan kita dapat melakukan amalan-amalan dan aktivitas positif sebagai langkah menebus dosa karena bulan Ramadhan adalah bulan pengubur dosa. Selain itu, diharapkan puasa dapat menjadi perisai serta langkah dalam meningkatkan iman. Maka hendaknya bulan Ramadhan disambut dengan suka cita dan kegembiraan agar dapat memperoleh nikmat dengan melaksanakan kewajiban dan amalan di bulan suci ini.
Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung selama sepuluh menit. Rangkaian acara Grand Opening Radifa 1442 H diakhiri dengan sesi dokumentasi. Seluruh peserta dipersilakan untuk menyalakan fitur kamera. Secara keseluruhan acara tersebut berjalan dengan lancar tanpa kendala. (Red: Adeline S.P.; Marfauzi N.H., Ed: Nila Vidila Utami; Salsabiela Milenia Putri)

Leave a comment

Your email address will not be published.