Pemilihan Perempuan Masa Kini Kartini Farmasi 2021


Ajang pemilihan Kartini Farmasi telah terlaksana secara lancar dan meriah pada hari Sabtu, 1 Mei 2021 mulai pukul 08.00 WIB. Acara ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom yang dihadiri oleh dekan, ketua BEM KMFA, juri, dan mahasiswa fakultas farmasi dari angkatan 2018 sampai angkatan 2020. Pembukaan acara ini dimulai dengan sapaan oleh MC yaitu Diana dan Ridwan, kemudian dilanjutkan oleh sambutan oleh ketua pelaksana Kartini Farmasi 2021 yaitu Dian Sadewa, sambutan dari ketua BEM KMFA yaitu Muhammad Farhan Fahreza, serta sambutan oleh dekan yaitu Prof. Dr. apt. Agung Endro Nugroho, S.Si., M.Si. Acara Kartini Farmasi 2021 ini merupakan ajang pemilihan kartini farmasi pertama yang dilakukan secara daring.

Pemilihan kartini farmasi 2021 dilakukan berdasarkan penilaian juri yang akan menilai berbagai aspek yang berkaitan dengan kartini. Para juri yang bertanggung jawab untuk menilai yaitu Cintya Nurul Apsari, S.Tp., M. Si. untuk aspek beauty (kecantikan), Dr. apt. Riris Istighfari Jenie, S.Farm., M. Si. untuk aspek attitude (sikap), Dr. apt. Muthi Ikawati, M. Sc. untuk aspek communication (komunikasi), dan apt. Farida Nur Aziza, S.Farm., MGMP untuk aspek brain (kecerdasan). Ajang pemilihan kartini farmasi 2021 diikuti oleh calon kartini sebagai perwakilan dari masing-masing kelas setiap angkatan. Perwakilan kelas sebagai calon kartini meliputi Birgita Kusuma (B 2018), Nyssa Natasia (C 2019), Mijil Lamputaning (A 2018), Tasya Ananda (A 2019), Ni Putu Priyanka R. (A 2020), Anugraha Putri P. (C 2018), Dea Purnama Putri (B 2020), Anjali Jayanti (C 2020), dan Dennaya Kumara (B 2019).

Acara selanjutnya yaitu dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya dan Ibu Kita Kartini yang dilakukan secara virtual oleh masing-masing participants. Kemudian ditampilkan video pengenalan dari masing-masing calon kartini farmasi yang disertai dengan tanya jawab singkat mengenai kegiatan yang telah dilakukan oleh setiap calon kartini. Video perkenalan disaksikan oleh juri maupun supporter dari masing-masing calon kartini farmasi. Supporter memberikan dukungannya kepada calon kartini farmasi dengan cara berkomentar melalui kolom chat Zoom sehingga nantinya akan menjadi penilaian untuk best supporter.

Sesi tanya jawab dilakukan dengan melalui dua babak. Babak pertama tiap calon kartini farmasi akan diberi satu pertanyaan secara acak oleh panitia dan diberikan waktu satu menit untuk menjawab satu soal. Babak kedua adalah pertanyaan yang diajukan oleh para juri. Tiap calon kartini farmasi diberikan dua pertanyaan oleh dua juri dengan estimasi waktu satu menit untuk menjawab satu pertanyaan.

Selain sesi tanya jawab, pemilihan kartini farmasi juga dinilai dari aspek bakat. Setiap calon karini farmasi menunjukkan bakat masing-masing melalui video yang telah dibuat oleh tiap calon yang bersangkutan. Beragam bakat ditampilkan oleh calon-calon kartini farmasi, meliputi tarian dari berbagai daerah, kemampuan robotik, dan bakat-bakat lainnya. Sesi penampilan bakat ini dinilai dan dikomentari oleh juri sebagai aspek penilaian kartini farmasi. Acara ini juga disertai dengan pengumuman pemenang Pharmaciade dari bidang E-Sport: Hago, Cipta Puisi, Catur, Magic Chess, MLBB, PUBGM, Digital Art, Cipta Puisi, Fotografi, Band, dan Juara Umum Pharmaciade. Kemudian acara dilanjutkan dengan sharing pengalaman oleh Kartini Farmasi 2019 yaitu Nafilah Zulfa dari kelas C 2018.

Puncak dari acara dengan pengumuman pemenang dari Kartini Farmasi. Berdasarkan Penilaian juri Kartini Farmasi 1 adalah Anugraha Putri P. perwakilan dari kelas C 2018 dengan total nilai 137,6 dan Kartini Farmasi 2 (runner up) adalah Dennaya Kumara perwakilan dari kelas B 2019 dengan total nilai 136,45. Pemenang dari Kartini Favorit yang ditentukan berdasarkan jumlah vote yang dilakukan secara langsung di Zoom adalah Anugraha Putri P perwakilan dari kelas C 2018. Untuk best supporter dimenangkan oleh kelas C 2020. Penutupan acara ini dilakukan dengan melakukan sesi dokumentasi melalui foto bersama para partisipan yang ada dalam room Zoom. (Red: Marfauzi N.H.; Ed: Salsabiela Milenia Putri)

Leave a comment

Your email address will not be published.