Liputan Terkini: Grand Launching KMMF 1443 H


GRAND LAUNCHING DAN MUSYAWARAH KERJA KELUARGA MAHASISWA MUSLIM FARMASI UGM

Grand Launching dan Musyawarah Kerja Keluarga Mahasiswa Muslim Farmasi 1443 H/2022 M diselenggarakan pada hari Minggu, 27 Februari 2022 dengan mengusung tema “Kemilau Kebaikan dalam Rona Cinta Islam”. Acara dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom. Acara ini dibawakan oleh Naufal Ahmad Fauzy selaku MC dan dihadiri oleh Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si., Apt. selaku pembina KMMF.
Pada acara ini, dipaparkan visi KMMF yaitu menjadi pusat dakwah Islam di Fakultas Farmasi UGM yang mampu membentuk pengurus dengan ukhuwah yang kuat dan intelektual muslim yang kaffah demi mewujudkan masyarakat farmasi madani yang mampu bermanfaat secara berkelanjutan. Terdapat beberapa misi yang dilakukan untuk mendukung terwujudnya visi tersebut yaitu pelestarian, pengelolaan, dan pengembangan lembaga dakwah fakultas dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi syiar, kaderisasi, dan jaringan melalui sinergitas yang baik, serta membentuk mahasiswa muslim farmasi yang berakhlakul karimah dan berkompeten dalam bidang kefarmasian atas dasar nilai-nilai Islam.

Tema besar yang dipilih pada kabinet baru ini adalah optimalisasi kualitas dakwah Islam melalui peningkatan potensi dakwah dan penguatan ukhuwah menuju muslim intelektual yang dinamis. Pada tahun ini, KMMF menyematkan kata “resonansi” sebagai nama kabinet masa jabatan periode 2022/2023 yang bermakna peristiwa turut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran gelombang elektromagnetik luar dengan harapan seluruh anggota dan pengurus KMMF dapat menjadi inisiator dakwah, mempunyai frekuensi yang sama, memberikan pengaruh positif melalui penguatan ukhuwah, serta senantiasa menyesuaikan dan menyeimbangkan diri selaras dengan perkembangan zaman. Selain launching nama kabinet, diperkenalkan pula logo kabinet resonansi yang memiliki filosofi sebagai berikut:
– gelombang resonansi menggambarkan getaran dan semangat dakwah masyarakat muslim secara berkelanjutan dan sefrekuensi;
– panah resonansi menggambarkan kesesuaian dan keseimbangan selaras perkembangan zaman;
– bulatan inti menggambarkan landasan KMMF yang berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadist;
– sepuluh bulatan kecil menggambarkan bidang biro yang ada di KMMF;
– bulat hijau muda menggambarkan keseimbangan dan kemakmuran;
– bulat biru muda menggambarkan kenyamanan dan kepercayaan;
– bulat biru tua menggambarkan kenetralan dimana KMMF adalah lembaga yang independen dan tidak mudah terpengaruh oleh pihak luar;

Setelah dipaparkan tema besar dan kabinet oleh ketua KMMF, Muhammad Al-Fatih Ash Shiddiq, acara dilanjutkan dengan pembacaan program kerja dari masing-masing biro dan bidang KMMF yang dipandu oleh Krisna Yulianto sebagai moderator. Acara ini dimulai dari pemaparan acara besar dan program kerja secara umum. Acara besar yang ada di KMMF di antaranya Radifa (Ramadhan di Farmasi), Safrida (Safari Idul Adha), GIF (Gebyar Islam Farmasi), Regenerasi Mas’ul dan Sekretaris Jenderal, serta IKKAMED (Kolaborasi se-Medika). Selanjutnya, dipaparkan program kerja secara umum oleh Sekretaris Jenderal, Biro Sekretaris Umum, Biro Bendahara Umum, Biro Khusus Kaderisasi, Bidang Badan Usaha Dana Islami, Bidang Media Opini, Bidang Syiar, Bidang Pengembangan dan Pelayanan Umat, Bidang Kajian, Riset, dan Data, Bidang Jaringan, dan Bidang Kemuslimahan. Setiap pemaparan tiga biro/bidang dilakukan sesi tanya jawab, saran, dan kritik. Acara ini berlangsung dengan lancar dan khidmat dimulai dari pukul 09.00—15.00 WIB.

(Red: Divana Indah Permata, Ed: Dita Nurfina Aryani)

Leave a comment

Your email address will not be published.