Meriahnya Senam Sehat Dalam Membuka Rangkaian Kegiatan Dies Natalis Fakultas Farmasi 73


Dokumentasi Panitia

Hari ulang tahun Fakultas Farmasi yang bertepatan pada tanggal 27 September setiap tahunnya dirayakan secara meriah oleh seluruh elemen kampus. Dan setiap tahunnya juga, dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam suatu kepanitiaan Dies Natalis bersama-sama merancang dan menyukseskan hari ulang tahun kampus melalui serangkaian acara seru, menarik, dan kreatif.

Menginjak tahun 2019, acara Dies Natalis Fakultas Farmasi UGM mengusung tema “SCATTER: Social Communication and Strengthen Relation”. Lukito selaku Ketua Dies Natalis 73 menjelaskan bahwa tema ini sesuai dengan tagline Fakultas Farmasi yang bermakna memimpin dan mengabdi. Dengan membawa tema ini, Lukito bersama tim ingin lebih mengembangkan softskill khususnya kemampuan berkomunikasi dan menyebarkan cinta kasih pada sesama warga Fakultas Farmasi karena kegiatannya memiliki fokus membangun relasi mahasiswa antar angkatan dan kelas, mahasiswa dengan dosen dan karyawan, serta relasi internal kepanitiaan Dies Natalis itu sendiri.

Diawali dengan acara Senam Sehat yang dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2019, serangkaian acara Dies Natalis ke 73 Fakultas Farmasi UGM resmi dibuka. Peresmian secara simbolis dilaksanakan dengan Pemukulan Gong oleh Dekan Fakultas Farmasi UGM, Bapak Agung Endro Nugroho setelah beliau memberikan sambutan. Ketua Dies Natalis 73 dari jajaran dosen, Bapak Djoko Susilo menginisiasikan acara pembukaan tahun ini dengan inovasi baru yaitu Senam Sehat, dimana pada tahun-tahun sebelumnya acara dibuka dengan Jalan Sehat. Harapannya adalah beliau ingin membuat acara yang semeriah mungkin, seheboh mungkin, berupa senam yang dilakukan bersama-sama dan dapat memberikan vibe yang luar biasa.

Selain perubahan kegiatan, sasaran kegiatan Senam Sehat tahun ini juga diperluas. Biasanya, acara hanya dimeriahkan oleh mahasiswa dan jajaran dosen/karyawan. Namun, tahun ini menambahkan anak-anak sebagai sasaran kegiatan dengan tujuan ingin menyenangkan anak-anak dari dosen/karyawan dan menambah kemeriahan acara Dies Natalis. Hal ini ditandai dengan adanya Kereta Kelinci yang didesain semenarik mungkin untuk membawa anak-anak maupun orang dewasa mengelilingi Kluster Medika yaitu FKKMK-FKG-Farmasi.

Senam bersama yang diikuti oleh seluruh peserta dilaksanakan secara bersama-sama, heboh, dan seru. Peserta juga mendapatkan kupon undian dan makanan secara gratis yang dapat menemani peserta saat beristirahat setelah berolahraga senam. Kegiatan menarik di acara Senam Sehat tahun ini adalah pengundian Door Prize yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh elemen yang hadir. Kupon Door Prize dapat diperoleh mahasiswa, dosen, karyawan, hingga anak-anak. Hadiahnya pun banyak dan bermacam-macam, dimulai dari sembako, makanan, alat rumah tangga hingga sepeda sebagai hadiah utama.

Pengundian Door Prize dilakukan sebanyak empat kali. Di sela-sela pengundian, acara ini menyuguhkan beberapa penampilan hiburan diantaranya live music yang dipersembahkan oleh Harmoni, menyanyi lagu ciptaan sendiri dari Istha, dan menari dari Elina and friends. Penampilan tersebut sangat bagus dan ikut memeriahkan acara Senam Sehat tahun ini.

Menurut Lukito, kegiatan-kegiatan yang membangun acara Senam Sehat kali ini harapannya dapat saling mengenalkan mahasiswa dengan dosen, tenaga kependidikan, dan karyawan di Fakultas Farmasi supaya bisa mengetahui mereka tidak hanya saat pertemuan yang berkaitan dengan perkuliahan. Ia berpesan untuk kegiatan Dies Natalis tahun depan agar semakin dekat dan mengenal diri kita sendiri sebelum mengenalkan apa yang kita miliki sebagai mahasiswa Farmasi ke dunia luar. (Laila)

Leave a comment

Your email address will not be published.