Ungkapkan ‘Matur Nuwun’, BEM KMFA UGM Meriahkan World Health Day di Desa Sawahan


Departemen Urusan Internasional dan Departemen Sosial Masyarakat BEM KMFA UGM mengadakan kegiatan World Health Day (WHD) 2019 dan Matur Nuwun pada 5 Mei 2019. Acara ini diselenggaran di desa mitra BEM KMFA UGM, Desa Sawahan, Seyegan, Sleman, Yogyakarta dengan melibatkan semua warga Desa Seyegan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Selain untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia, kegiatan tersebut juga sebagai acara perpisahan dengan Desa Sawahan yang telah 5 tahun menjadi Desa Mitra BEM KMFA UGM.

World Health Day tahun ini memiliki tema ‘Universal Health Coverage : Everyone Everywhere’ yang bermakna kesehatan itu dimiliki oleh setiap orang, dimanapun, dan tanpa terkecuali. Untuk itu, panitia kegiatan mengajak seluruh warga masyarakat Desa Sawahan mengikuti senam yang dilanjutkan dengan games seru. Tidak hanya itu, panitia juga menyiapkan penyuluhan dan cek kesehatan bagi warga setempat. Sedangkan khusus untuk anak-anak, panitia membuat acara ‘Lomba Mewarnai’ sebagai ajang berkreasi. “Ada sekitar 30 orang lebih yang ikut acara ini,” ujar Bintang ketua panitia WHD 2019.

Dalam kegiatan WHD kali ini, turut pula mengundang Muvita Rina Wati, S.Farm., M.Sc., Apt., sebagai narasumber. Warga sangat antusias dalam mendengarkan penyuluhan kesehatan serta saling bertanya jawab dan berkonsultasi masalah kesehatan yang dialami.

Acara semakin meriah dengan adanya berbagai games, terdiri dari sarung ninja dan joget kursi. Games ini kebanyakan diikuti oleh ibu-ibu dan mahasiswa farmasi agar dapat membaur dan saling mengenal. Warga sangat antusias dalam acara games ini. Panitia juga menyiapkan hadiah berupa sembako dan alat rumah tangga bagi para pemenang games.

“Warga desa sangat berterima kasih kepada BEM Farmasi UGM yang telah bekerjasama selama 5 tahun dalam bentuk kegiatan desa mitra.” ujar Bapak Supriyono selaku Kepala Dukuh Desa Sawahan usai penyerahan kenang-kenangan.

Menurut Bapak Supriyono, selama 5 tahun ini BEM KMFA UGM telah mencurahkan tenaga, pikiran, dan biayanya kepada Desa Sawahan untuk menyelenggarakan kegiatan tentang kesehatan. Manfaat dari kegiatan penyuluhan dan cek kesehatan oleh dr. Frida Nurrochman yang telah dilaksanakan antara lain warga menjadi ‘melek’ akan kesehatan, dapat memilih berbagai makanan yang sehat atau tidak, dan dapat mengetahui berbagai macam penyakit di sekitarnya. Walaupun sudah tidak menjadi desa mitra BEM KMFA UGM lagi, setelah kegiatan ini diharapkan warga tetap dapat melajutkan pola hidup sehat dan menjadi warga yang sadar akan kesehatan. (Humas FA/ Annisa, Farah, Hanifah)

Sumber : farmasi.ugm.ac.id

Leave a comment

Your email address will not be published.