Diberlakukannya Sistem Portal di Fakultas Farmasi


Dokumentasi : Farsigama

Keberadaan portal di Fakultas Farmasi UGM tentu menimbulkan banyak pertanyaan di pikiran mahasiswa farmasi, untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, Farsigama melakukan wawancara dengan Pak Singgih Widodo sebagai Kepala Kantor Administrasi bagian Tata Usaha Farmasi UGM pada hari Rabu, 6 Februari 2019.

Menurut Pak Singgih, sistem portal ini diberlakukan untuk alasan keamanan dengan output yang diharapkan yaitu rasa aman dalam menjalani kegiatan di kampus bagi civitas akademika. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kasus yang meresahkan, salah satunya adalah kasus pencurian barang-barang di mushola. Dengan sistem ini seharusnya orang luar tidak bisa masuk seenaknya tanpa tujuan yang jelas, SKK (Satuan Keamanan Kampus) akan mengecek orang luar yang datang.

Keberadaan portal ini merupakan kebijakan Fakultas Farmasi yang turut serta mengikuti Universitas Gadjah Mada yang sedang gencar-gencarnya dalam upaya untuk menjaga keamanan civitas akademika & tamu yang ada di kawasan kampus. Sistem portal sudah berlaku sejak pertengahan bulan Januari yaitu pada tanggal 15 Januari, setelah itu akan diadakan masa percobaan “trial and error” selama satu bulan. Sistem portal ini merupakan sistem keamanan berbasis teknologi, untuk bisa masuk, setiap orang yang berhak akan mendapatkan gate pass, gate pass berbentuk kartu dan akan tetap dijaga oleh SKK yang berjaga disana. Gate pass diberikan untuk karyawan, cleaning service, Dosen, serta penjual kantin & koperasi.

Menurut Pak Singgih, untuk mahasiswa tetap dihimbau untuk memarkir kendaraannya di kantong parkir Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan tidak diperkenankan untuk memarkir kendaraannya di kawasan Fakultas Farmasi. Namun, apabila melebihi jam 4 sore masih diperbolehkan untuk mahasiswa memarkir kendaraannya di dalam kawasan Fakultas Farmasi. Ojek online juga tidak diperbolehkan untuk masuk melebihi portal yang ada untuk menurunkan atau menjemput penumpang. Namun, ada ketentuan khusus bila sedang hujan, bahwa akan ada toleransi untuk kendaraan bisa masuk Fakultas farmasi melalui portal supaya dapat menurunkan/menjemput penumpang di dalam sampai dengan batas pos satpam dalam. Khusus untuk go-food/grab-food masih diperbolehkan masuk ke dalam fakultas dengan izin SKK yang bertugas. Bagi tamu yang datang harus memiliki tujuan yang jelas untuk bisa masuk, karena SKK akan berjaga di ruangan operator untuk menanyakan tujuan tamu yang datang. Pengoperasian sistem portal ini akan mempermudah civitas akademika serta akan meningkatkan keamanan civitas akademika & tamu yang ada di kawasan Fakultas Farmasi UGM. (Titan, Fida)

Leave a comment

Your email address will not be published.